Aplikasi MRTG untuk Squid di Sistem


baca dulu tulisan sebelumnya jika belom ngerti, dan jangan lupa klik link referensinya.

cara ini diterapkan pada sistem linux mandriva, salah satu distro favorit. mengapa favorit ?

alasannya :

  • mudah (pake urpmi sama mudahnya dengan apt-get or yum, dll)
  • kompatible (RHEL/RHAS,Centos, or sama Linux kelas Enterprise, dll)
  • support banyak (liat bagian kompatible)
  • ringan seperti slackware (PP2006) tdk seperti kelas enterprise lainnya
  • dll yg belom sempet di coba :p

ok mulai aja, asumsinya mrtg udah kepasang dengan benar dan bisa berjalan-jalan lama🙂. disini cuman ngebahas gimana nge-trap squid dengan mrtg.

edit squid.cof dan tambahkan nilai sbb.

#snmp buat MRTG
acl snmppublic snmp_community public
snmp_port 3401
snmp_access allow snmppublic all
kemudian donlod squid.mib dari sini squid-mib-06.txt

ubah or rename menjadi squid.mib dan copy kan ke /var/www/html/mrtg direktory default installan mrtg di sistem mandriva melalui urpmi

#cp squid-mib-06.txt /var/www/html/mrtg/squid.mib

bikin file squid-kates.cfg di /var/www/html/mrtg/

#vim /var/www/html/mrtg/squid-kates.cfg

dan isikan nilai sbb.

LoadMIBS: /var/www/html/mrtg/squid.mib

WorkDir: /var/www/html/mrtg/

Target[proxy-hit]: cacheHttpHits&cacheServerRequests:public@localhost:3401
MaxBytes[proxy-hit]: 100000
Title[proxy-hit]: HTTP Hits
PageTop[proxy-hit]: <H1>proxy Cache Statistics: HTTP Hits/Requests</H1>
<TABLE>
<TR><TD>System:</TD><TD>Mandriva semusim-localhost</TD></TR>
<TR><TD>Maintainer:</TD><TD>Bayu Artanto</TD></TR>
<TR><TD>Description:</TD><TD>Mandriva Squid Proxy Server</TD></TR>
</TABLE>
Suppress[proxy-hit]: y
LegendI[proxy-hit]: HTTP hits
LegendO[proxy-hit]: HTTP requests
Legend1[proxy-hit]: HTTP hits
Legend2[proxy-hit]: HTTP requests
YLegend[proxy-hit]: perminute
ShortLegend[proxy-hit]: req/min
Options[proxy-hit]: nopercent, perminute, dorelpercent, unknaszero

Target[proxy-srvkbinout]: cacheServerInKb&cacheServerOutKb:public@localhost:3401
MaxBytes[proxy-srvkbinout]: 76800
Title[proxy-srvkbinout]: Cache Server Traffic In/Out
PageTop[proxy-srvkbinout]: <H1>Cache Statistics: Server traffic volume (In/Out)</H1>
<TABLE>
<TR><TD>System:</TD><TD>Mandriva semusim-localhost</TD></TR>
<TR><TD>Maintainer:</TD><TD>Bayu Artanto</TD></TR>
<TR><TD>Description:</TD><TD>Mandriva Squid Proxy Server</TD></TR>
</TABLE>
Suppress[proxy-srvkbinout]: y
LegendI[proxy-srvkbinout]: Traffic In
LegendO[proxy-srvkbinout]: Traffic Out
Legend1[proxy-srvkbinout]: Traffic In
Legend2[proxy-srvkbinout]: Traffic Out
YLegend[proxy-srvkbinout]: per minute
ShortLegend[proxy-srvkbinout]: b/min
kMG[proxy-srvkbinout]: k,M,G,T
kilo[proxy-srvkbinout]: 1024
Options[proxy-srvkbinout]: nopercent, perminute, unknaszero
kemudian simpan

trus.. jalankan perintah kaya gini:

sudo indexmaker –output=/var/www/html/mrtg/squid.html /var/www/html/mrtg/squid-kates.cfg

dan

sudo mrtg /var/www/html/mrtg/squid-kates.cfg

(lakukan berulang-ulang sampe errornya ilang)

test di browser sekarang, dan hasilnya seperti gmabar dibawah ini:

squid-mrtg-test

kalo kepengen real time, pasang di crond

sudo crontab -e

5,10,15,20,25,30,35,40,45,50,55 * * * * /usr/bin/mrtg /var/www/html/mrtg/squid-kates.cfg

refresh daemon crond

sudo service crond restart

ok deh… gitu ae cukup untuk sementara, selanjutnya mo utak-atik squid-kates.cfg biar info yang ditampilkan mendekati lengkap seperti melalui cachemgr.cgi.

file pendukung kalo mo utak taik lebih jauh

untuk trap snmp (ubah ke .cfg) 

untuk trap log squid (ubah ke .cfg) 

untuk trap cachemgr (ubah ke .cfg) 

squid.mib untuk mrtg 2.2.x 

squid.mib untuk mrtg 2.0.x 

wajib, ubah txt->zip, ekstrak ke dir tmpat squid.mib 

coba itu ae dulu

5 comments

  1. makasih om tulisannya, belum dibaca dan dipraktekin semua tapi mungkin dalam waktu dekat bakal harus monitor squid(lagi)

  2. Mass…kok file pendukunnya uda ga ada di servernya wordpress ya boss..
    bagi lagi donk file pendukungnya….

    Thx

    bayu:
    gunakan file pendukung dari pake snmp-mibs
    biasanya ada di /usr/share/snmp-mibs
    sesuaikan aja letaknya dengan distro kesayangan anda

  3. Mas, aku coba di Mandriva 2008.1, gak bisa lho, file gambar nya ada, tapi gak ada aktifitas apapun yang terekam.😦
    padahal ambil data trafik di eth0 dan eth1 bisa, eh pas nyoba ambil data dari squid gak bisa.
    aku pakai squid-2.7stable4, kompile sendiri, sudah enable snmp.
    sampeyan sudah nyobain lagi di mandriva 2008.1 gak mas?

    bayu:
    kemungkinan masalah di net-snmp-mib nya
    install bawaan mandriva 2008.1 aja ya..
    yg ditulisan atas tu udah kadaluarsa mib nya

  4. Bukan, cuman setingan mrtg nya aja, gak bisa pakai setingan ini:
    Target[proxy-hit]: cacheHttpHits&cacheServerRequests:public@localhost:3401
    ternyata harus gini:
    Target[proxy-hit]: 1.3.6.1.4.1.3495.1.3.2.1.2&1.3.6.1.4.1.3495.1.3.2.1.1:public@localhost:3401

    thanks dah reply.

    bayu:

    mas bisa kasih tau error atau log nya waktu memparsing itu squid pake snmp ?

  5. ternyata di mandriva 2008.0 juga sama, gak bisa pakai :
    Target[proxy-hit]: cacheHttpHits&cacheServerRequests:public@localhost:3401
    harus
    Target[proxy-hit]: 1.3.6.1.4.1.3495.1.3.2.1.2&1.3.6.1.4.1.3495.1.3.2.1.1:public@localhost:3401

    Saya barusan bikin server proxy lagi buat warnet cabang lain, dan ternyata sama saja.
    btw, saya seting mrtg nya, pakai squid.mib bawaan Squid-2.7stable4 yang aku kompile sendiri kok.

    untuk pesan error, itu maksudnya pesan saat menjalankan :
    [root@localhost ~]# mrtg /etc/mrtg/mrtg.cfg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: