Seputar rule di iptables


sebenere sebelum make iptables sebagai firewall di linux, kita mestinya udah tau interface apa aja yang akan di aplikasikan menggunakan rules iptables. tapi kenyataannya, banyak admin network yang tidak terlalu memperhatikan hal ini. kemudian terjadilah hal-hal yang diinginkan (?), semisal terblok tidak bisa mengakses ke server sendiri, meskipun dari LAN ataupun dari sebaliknya. tidak hanya admin saja, client yang notabene banyak yang belom tau, akhirnya kena juga.

nah sekarang kita pikirkan, sebenarnya rule iptables tersebut untuk siapa sih ato untuk apa? mungkin banyak jawaban yang akan muncul. so… dari sekian jawaban yang ada, kuncinya adalah di admin jaringan dan kebijakan dari manajerial.

yang jadi pertimbangan dalam menentukan policy rule firewall adalah salah satunya:

  • service yang ada untuk siapa dan apa
  • siapa dan apa saja yang dikenakan policy tersebut
  • dll

ok, segitu aja. maaf sebelumnya gak bisa nulis panjang lebar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: