Install SLAX ke Harddisk


Pake slax (slax 5.1.8.1)

keterangan lebih lanjut mengenai SLAX Linux

Konfigurasi hardware

-harddisk dipasang di kabel primary dan dikenali sebagai /dev/hda

-cdrom drive dikenali sebagai /dev/hdb

booting live cd seperti biasa

tunggu proses booting

………………………………..

muncul layar login

masukan login user root dengan password toor

sebelumnya, coba perhatikan welcome screen diatas prompt login, dan baca baik-baik petunjuknya

salah satu petunjuk adalah cara bagaimana menginstall cd live slax ke HDD

langkah selanjutnya begini (setelah login tentunya)

buat partisi di /dev/hda dengan menggunakan perintah cfdisk

cfdisk /dev/hda

pastikan pembuatan partisi minimal untuk root (/) dan swap, setelah selesai simpan

setelah itu format dengan pilihan FS yang telah ditentukan pada waktu proses partisi, disini saya pake FS jenis ext3, lainnya sesuaikan aja, format dengan perintah

mkfs.ext3 /dev/hda1

setelah proses format diatas, selanjutnya kita mount cd slax yang ada di cdrom. disini secara otomotis slax pada waktu booting akan mengenali cdrom drive di /dev/hdb dan dibuatkan mount point di /mnt/hdb_cdrom. jika tidak ada mount secara manual atau sesuaikan kondisi yang ada. mount cd slaxny dengan perintah

mount /mnt/hdb_cdrom

kemudian langsung masuk ke /mnt/hdb_cdrom

cd /mnt/hdb_cdrom

trus jalankan perintah

./make_disk.sh /dev/hda1

tunggu proses nya

……………………………..

selesai, slax telah terinstall di harddisk kita.

8 comments

  1. saya juga ingin memasang slax killbill di laptop saya, tapi belum tahu caranya. Mohon bisa dibantu.

  2. Semoga tanggapan ini membantu…

    Download module slax_installer_from_c_lite_4_0.mo
    dari situs http://www.slax.org/modules.php

    Booting dengan live-cd killbill
    copy module di atas ke folder modules linux
    double klik untuk menginstallnya
    jawab yes pada dialog konfirmasi
    tunggu hingga muncul dialog box lain yang menyatakan telah terinstall

    jalankan programnya dari menu Development
    jangan lupa check pada checkbox Real
    (jika belum tahu, silakan cari informasi tentang partisi linux)

    jika sistem anda dual os maka copy lilo.mbr ke flashdisk
    booting ke windows…
    copy lilo.mbr ke drive windows anda, edit file boot.ini milik windows (misal : c) anda
    tambahkan baris :
    c:\lilo.mbr=”Linux saya”
    jangan lupa untuk mengubah waiting timenya > 3 agar tidak terlalu cepat saat booting

    lalu booting ulang, jika berhasil maka akan muncul pilihan OS
    selamat bermain-main dengan killbill

  3. […] Posted on July 6, 2008. Filed under: linux | […]

  4. aduhhh… ko saya g bisa2 yakk..
    saya buat linux sendiri menggunakan myslax creator..
    trus mau di instal ke hardisk tpi ko t2p g bsa yakk.
    padahal dah ad slax2hd-nya tpi t2p ajh g bsa..
    prosesnya sih berjalan dengan baik… sampai ada tulisan install sukses dan reboot komputer…
    tpi dah reboot t2p mlah g ad ap2… di tungguin loadingny sampai 1 jam lbih..
    hasilnya t2p g ad perubahan..
    mohon pencerahannya..

  5. aq emg awam dg LINUX, tp stelah googling, tau2 bisa instal slax ke plesdis.
    trus, gmana kalau mau masang program yg laen, coz yg ada blum selengkap kemauan sih,! gmana ya? instal aplikasi di linux?

    mohon pencerahannya bos !!!!!!!!

    syukron (terimakasih)

  6. makasih tutorialnya om, tapi ada kendala waktu saya nyoba instal slax ke hardisk ini… waktu mounting slalu gagal om, suka ada tulisan:

    mount: can’t find /mnt/hdb_cdrom in /etc/fstab or /etc/mtab

    gimana solusinya om? bantu saya ya om… kalau bisa bales ke email.. saya bener2 masih awam pake linux.. meski sulit saya tetap pengen pake linux, dan ga mau balik lagi ke windows.. selama ini saya baru nyoba ubuntu karmic sama sabily gaza, pernah mau coba DSL tapi sulitnya bukan main waktu saya nyoba menginstalnya… waktu saya coba slax ini sepertinya asik, tapi saya bener2 bingung gimana cara nginstal ke hardisknya..😦

  7. johndee · ·

    sama. owner juga newbie. cuma modal ctrl+c, ctrl+v, sama google translate

Leave a Reply

