MRTG Teks Mode di PCLinuxOS


Gunakan vnStat !!!

Banyak sekali tool-tool buat monitoring bandwidth yang dapat digunakan. Kebanyakan tool-tool tersebut memakai web untuk antarmukanya. Misalnya MRTG, NAGIOS, CACTI, dan banyak lainnya.

Disamping menggunakan web sebagai antar muka, banyak juga yang memakai mode konsole alias teks dan mode grafik.

Disini saya ingin memperkenalkan (jika belum kenal) aplikasi monitoring pemakaian data bandwidth sejenis dan semirip MRTG (web) di konsole / mode teks, yaitu vnStat.

Saya akan install vnStat ini di mesin Linux yang menggunakan PCLinuxOS 2007, dimana aplikasi MRTG tidak tersedia di reponya.


Instalasi

install vnstat

Penggunaan

[root@localhost /]# vnstat
Error:
Unable to open database directory “/var/lib/vnstat”.
Make sure it exists and is read enabled for this user.

ups… bikin dulu /var/lib/vnstat untuk menyimpan data

[root@localhost /]# mkdir /var/lib/vnstat

Lakukan monitoring untuk eth0 (atau interface lainnya) untuk pertama kali

[root@localhost /]# vnstat -u -i eth0
Error:
Unable to read database “/var/lib/vnstat/eth0”.
New database generated.
[root@localhost /]#

Jalankan lagi update untuk melihat hasilnya, tidak error kan ?

Hasilnya

[root@localhost /]# vnstat
Database updated: Sun Nov 18 21:16:48 2007

eth0

received: 0.01 MB (nan%)
transmitted: 0 MB (nan%)
total: 0.02 MB

rx | tx | total
———————–+————+———–
today 0.01 MB | 0 MB | 0.02 MB
———————–+————+———–
estimated 0 MB | 0 MB | 0 MB
[root@localhost /]#

Agar data bisa di monitoring terus menerus, gunakan crontab untuk menjalankan proses peng-update-an data bandwidth.

crontab -e
0-55/5 * * * * /usr/sbin/vnstat.cron

file /usr/sbin/vnstat.cron silahkan di modif untuk disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan cek dengan perintah ini

$ vnstat –help
vnStat 1.4 by Teemu Toivola

-q, –query query database
-h, –hours show hours
-d, –days show days
-m, –months show months
-w, –weeks show weeks
-t, –top10 show top10
-s, –short use short output
-u, –update update database
-i, –iface change interface (default: eth0)
-?, –help short help
-v, –version show version
-tr, –traffic calculate traffic

See also “–longhelp” for complete options list and “man vnstat”.

$ vnstat
Database updated: Mon Mar 8 22:15:00 2004

inet (eth0)

received: 1,002,061 MB (24.6%)
transmitted: 3,068,177 MB (75.4%)
total: 4,070,238 MB

rx | tx | total
———————–+————+———–
yesterday 335 MB | 6,881 MB | 7,216 MB
today 1,493 MB | 9,808 MB | 11,301 MB
———————–+————+———–
estimated 1,610 MB | 10,579 MB | 12,189 MB

(with 2 interfaces)
$ vnstat

rx / tx / total / estimated
Local (eth0):
yesterday 7,564 MB / 4,140 MB / 11,704 MB
today 33 MB / 112 MB / 145 MB / 195 MB

Internet (eth1):
yesterday 807 MB / 12,361 MB / 13,168 MB
today 1,079 MB / 708 MB / 1,787 MB / 2,423 MB

$ vnstat -t

inet (eth0)

# day rx | tx | total
——————————–+————-+————-
1 10.02.04 1235 MB | 2217 MB | 3452 MB
2 01.03.04 923.66 MB | 2138 MB | 3061 MB
3 09.02.04 958 MB | 1597 MB | 2555 MB
4 07.02.04 976 MB | 1316 MB | 2292 MB
5 08.02.04 1064 MB | 538 MB | 1602 MB
6 05.02.04 772 MB | 575 MB | 1347 MB
7 02.03.04 291.16 MB | 945.70 MB | 1236 MB
8 06.02.04 480 MB | 601 MB | 1081 MB
9 03.03.04 237.72 MB | 651.66 MB | 889.38 MB
10 04.02.04 352 MB | 454 MB | 806 MB
——————————–+————-+————-

$ vnstat -d

inet (eth0)

day rx | tx | total
————————+————-+————–
24.02. 4.38 MB | 2.86 MB | 7.24 MB
25.02. 2.51 MB | 2.45 MB | 4.97 MB
26.02. 2.42 MB | 2.26 MB | 4.69 MB
27.02. 2.29 MB | 2.17 MB | 4.47 MB
28.02. 199.82 MB | 50.39 MB | 250.21 MB
29.02. 262.74 MB | 390.82 MB | 653.56 MB
01.03. 923.66 MB | 2,138 MB | 3,061 MB
02.03. 291.16 MB | 945.70 MB | 1,236 MB
03.03. 237.72 MB | 651.66 MB | 889.38 MB
04.03. 13.92 MB | 464.40 MB | 478.32 MB
05.03. 2.28 MB | 2.12 MB | 4.40 MB
06.03. 2.26 MB | 2.12 MB | 4.39 MB
07.03. 2.26 MB | 2.12 MB | 4.39 MB
08.03. 2.37 MB | 2.18 MB | 4.55 MB
————————+————-+————–
estimated 2 MB | 2 MB | 4 MB

$ vnstat -m

inet (eth0)

month rx | tx | total
————————+—————+—————
Mar ’03 15,959 MB | 18,823 MB | 34,782 MB
Apr ’03 24,645 MB | 20,440 MB | 45,085 MB
May ’03 31,314 MB | 39,103 MB | 70,417 MB
Jun ’03 28,116 MB | 42,988 MB | 71,104 MB
Jul ’03 27,552 MB | 33,924 MB | 61,476 MB
Aug ’03 37,498 MB | 38,189 MB | 75,687 MB
Sep ’03 19,750 MB | 17,488 MB | 37,238 MB
Oct ’03 3,999 MB | 4,492 MB | 8,491 MB
————————+—————+—————
estimated 18,479 MB | 20,758 MB | 39,237 MB

$ vnstat -w

inet (eth0)

rx | tx | total
—————————-+—————+————–
last 7 days 3,999 MB | 4,492 MB | 8,491 MB
last week 3,725 MB | 3,645 MB | 7,370 MB
current week 715 MB | 977 MB | 1,692 MB
—————————-+—————+————–
estimated 2,929 MB | 4,003 MB | 6,932 MB

$ vnstat -tr
10386 packets sampled in 5 seconds
Traffic average for eth1

rx 112.21 kB/s 620 packets/s
tx 1444.77 kB/s 1456 packets/s

vnstat

keterangan lebih lanjut http://humdi.net/vnstat/

5 comments

  1. mas saya mau tanya tentang Billing explorer versi windows. BEX itu saya install pake crossover, tapi kok muncul run time error yah, gimana caranya biar BEX versi windows itu bisa jalan di komputer PCLinuxOS saya, sebelumnya terima kasih

  2. Mas tolong dong aku dikirimin via email cara setting lengkap apache PClinuxOS, saya dah install lewat administration center. trus aku butuh bantuan setting lanjutan. terima kasih ya…

  3. Gak ngerti Yu… kekekkekkek…!

  4. mandriva · ·

    cara jalanin UPDATE vns tat gimana …??? ksih tau doonk … yg lain juga belom saya test soal ya ada yg bilang nggak jelas nieee… benar atau salah nya juga nggak tau…
    ke imell doonnkkk plzzzzzzzzzzz..

    bayu:
    untuk update hasil vnstat
    adalah di kombinasikan dengan crond (penjadwalan di linux)
    silahkan baca-baca soal itu, atau baca manuale dengan perintah
    man crontab

  5. Om…saya newbie Linux nh… baru juga 2 minggu install PCLOS2007, eh dah dapet tugas… klo cara setting Squid, DHCP, Samba, Postfix n web server gmn y? Klo berkenan…bisa dikirimkan lewat email…thx

    bayu:
    untuk seting sebenere gampang mas. apalagi kalo nyambung ke repo
    sebelum seting, install paket-paket pendukungnya
    bisa pake synaptic or command line

    kalo dari command line untuk install squid

    apt-get install squid

    laine

    apt-get install nama_paket

    nah setelah semuane ke install, tu semua udah bisa jalan. dengan konfigurasi default. jadi gak perlu nyeting apa-apa lagi. kecuali ya emang mo di seting sesuai kebutuhan.

    kalo mo baca-baca silahkan aja di http://howtoforge.net lumayan buat nambah wawasan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: