Tip Create range Of IPs Address


tip ma trik ini digunakan di distro yang berbased redhat. isa dilakukan di mandriva, fedora, redhat, centos, trustix, startcom, whitebox, dll

membuat sejumlah range IP di satu interface ethernet yaitu di ethX.
Ok, langsung saja, buat file ifcfg-eth0-range di /etc/sysconfig/network-scripts dengan isi seperti dibawah ini :
contoh :

DEVICE=eth0
BOOTPROTO=static
HWADDR=00:04:75:D4:C8:F9
IPADDR_START=192.168.0.6
IPADDR_END=192.168.0.10
CLONENUM_START=1
NETMASK=255.255.255.0
ONBOOT=yes
TYPE=Ethernet

selesai, sekarang silahkan restart network anda. dan liat hasilnya dengan perintah :

ifconfig

7 comments

  1. Buat apaan ini mas.?

  2. wah podo aq ma mas ovan
    apaan tuh om Bay???

  3. ms aku pamuji, tolong ajrin setting hotspot dengan mikrotik.Topologinya begini

    internet – modem adsl – mikrotik – AP

    thanks

    bayu :
    loh mas…
    kan mikrotiknya udah jalan, sekarang mas muji tinggal nyesuaikan adsl nya dengan mikrotiknya🙂
    kopdar aja mas

  4. Misi=Jalan-jalan ke rekan-rekan pengguna free & open source software untuk sharing ilmu.

    –Open Your Mind With Open Source Software–

  5. masbaz · ·

    Mas, aku baru saja dapet DVD Mandriva 2009 (4.4Gb), setelah aku install, aku masih kesulitan untuk share internetnya.
    Komputer dual OS, XP & Mandriva, digunakan untuk server (ICS). Pada XP semua terasa mudah untuk sharing menyering .. nah ketika menghadapi Mandriva, aku pusing 7 keliling .. sudah googling sampai miring-miring juga tetep blum bisa sharing …

    Tolongin ya Mas Bayu, bikin tulisan yang bisa di cerna oleh seorang “nu bie” seperti aku ..

    Suwun Mas ..

  6. Oh ya mas, kelupaan .. Printernya pake HP laserjet P1006, drivernya langsung nangkep dengan bagus .. tapi aku kok ga bisa ngeprint juga .. ga ada reaksi apa-apa. Sekali lagi, maturnuwun.

    bayu :

    ini versi lama, tapi sama aja
    silahkan di simak baik², cuman beda tampilan aja
    link nya

    http://picasaweb.google.com/bayuart/MandrivaInternetConnectionSharing#

  7. mas bayu…
    saya ssering mampir di blog mas bayu…
    saya tertarik mau buka warnet tapi masih awam…
    makanya saya sering browse trmasuk diblog mas bayu..
    pertanyaan saya..
    apa kelebihan/kekurangan dari ip public statik dan ip public dynamic..
    kalau tidak salah saya pernah baca, kalau kita langganan speedy warnet dapat ip public static, tapi teman saya yang kebetulan dah buka warnet di tangerang dia dapat ip public dynamic, apakah ini mempengaruh speed dari internet….????

    bayu :

    pengalaman saya mas ya, maap kalo sebelome gak sama, moga aja isa buat dijadikan gambaran.

    speedy sementara ini, ada pakett warnet, office, profesional dan personal
    jika merujuk ke https://bayuart.wordpress.com/2009/03/10/telkom-speedy-multi-speed/
    itu untuk kemungkinan ke depan aja🙂
    begini :
    IP Publik static biasanya untuk langganan speedy paket warnet dan office
    untuk paket profesional, dan personal akan mendapatkan IP publik dinamik
    untuk kecepatan, bisa di cek di sini jika masih berlaku :
    https://bayuart.wordpress.com/2007/12/30/speedy-warnet-vs-office-qos-speedy/

    untuk personal dan profesional merujuk ke paket office kecepatannya🙂

    tapi jika nanti jadi ada :
    https://bayuart.wordpress.com/2009/03/10/telkom-speedy-multi-speed/

    akan lain lagi ceritanya. moga aja nanti saya pas tanya2 ke telkom akan mendapatkan jawaban yang memuaskan.

Leave a Reply

