Tip dan Trik Linux


oo

Open Office
Mempercepat Open Office
-Jalankan Open Office, klik menu Tools>Options. Kemudian klik menu Memory di sebelah kiri, ubah nilai setingan seperti dibawah ini

-Number Of Steps: 30
-Use for Open Office: 128
-Memory per Object: 20
-Number of Objects: 20

Kemudian klik pada bagian Java di menu sebelah kiri, kemudian hilangkan tanda cek pada “Use a Java Runtime Enviroment” trus klik Ok. Kemudian
jalankankan ulang Open Office, cepat kan ?

tux linux

Membuat Linux lebih cepat
Masuk ke mode teks, bisa menggunakan menu Open Terminal atau Run Command kemudian jalankan perintah konsole (KDE)
Setelah itu gunakan akses root dengan jalan mengetikkan perintah “su”, masukkan password “root”. Kemudian edit file
“/etc/sysctl.conf”, dan ubah beberapa nilai konfigurasi agar seperti dibawah ini (letakkan dibawah nilai “kernel.sysrq=1”)

vm.swappiness=1
vm.vfs_cache_pressure=50

kemudian simpan, dan reboot linuxnya untuk mengetahui efeknya.

Disable IPV6

vim /etc/sysconfig/network
NETWORKING_IPV6=no

Speed Up Boot

Matikan Service² yang tidak diperlukan seperti apmd, autofs, identd, ip6tables, iptables, isdn, lpd, nfs, portmap, talkd and sendmail. (hanya contoh, sesuaikan dengan kebutuhan)
Add your hostname to Hosts

Biasanya file host seperti ini:

127.0.0.1 localhost

Ada juga yang seperti ini:

127.0.0.1 localhost

dan tambahkan baris:

127.0.0.1 hostname

Firefox 2 Slow Web-browsing Fix

firefox

This may be due to your system or internet connection not being able to use the newer protocol of IPv6 ? You are only able to use the older protocol of IPv4 ? Firefox 2 has IPv6 enabled by default, if it can not use IPv6, then eventually it falls back to using IPv4 protocol ! This is why you are waiting for about 10 seconds for it to start, and it may seem to you that there is some thing wrong with Firefox 2 or your internet connection ?

There is a solution, you can turn off Firefox trying to use by default the IPv6 protocol.

  • In the Firefox browser adress bar type: about:config
  • Then in the new text field, type: network.dns.disableIPv6
  • Double click the line and it will set the value from false to true.
  • Your Web-browsing speed will increase dramatically.

TAKE NOTE: This fix is not required by every one, only do it if your use of Firefox seems slow.

more…

10 comments

  1. aku baru pemula pake mandriva, tapi laptopku ga bisa 3D-nya jadi karena grafiknya, ada trik ga untuk ngatasin hal ini? terima kasih

  2. Aku ada masalah ni kompku habis install ulang, terus aku install mozilla firefox versi terbaru ma xampp. setelah itu aku coba konek localhost dari firefox tapi koq ga mau jalan ya servernya? padahal pake 127.0.0.1 mau jalan. saya coba pake ie baik2 saja. cuma di firefox ga bisa manggil pake localhost harus pake 127.0.0.1 kenapa ya? bisa bantu? padahal sebelum kompku ta instal ulang bisa?
    tolong donk soal gue butuh banget thanks=)

    bayu :

    kliatane masalah setingan di firefoxnya, untuk kasus seperti diatas coba cek dulu bagian
    Tool>Option>Advanced>Network>Settings> trus pilih direct connection (ini di versi windows)
    kalo di versi NIX, di menu Edit>Preferences>dst…

  3. kebetulan baru belajar mandriva 2008, setelah instalasih selesai ingin mencoba browsing dalam jaringan, untuk configurasi IP-GATEWAY-DNS nya udah di masukkan semua. setelah saya coba ping ke dns maupun LAN muncul DESTINATION HOST UNREACHABLE, begitupun sebaliknya dari komputer lain ternyata RTO,

    kemungkinan besar maslah di atas kurang apanya mas..
    mohon pencerahannya.

    trims, salam kenal

    bayu:
    -pastikan setingan ip network udah bener
    -pastikan mematikan shorewall (firewall yg terinstall default di mandriva)
    -pastikan juga kabel nya nyambung

  4. salam kenal maz bayu…

    saya pengguna baru linuz mandriva 2007…..

    so masih awam ghuuu🙂

    mazz…gama ya cara setting chating di mandriva 2007 dengan modem CDMA nokia 2112 katu nya satrone atu flexi….

    trimzzz……

    bayu:
    mas pake kabel apa ? dku05 or ca42 ?
    trus cek apakah kabel udah di kenali ato belom pake perintah dmesg setelah kabel di colokin
    trus abis tu install vwdial buat ngeyakinin aja, pake vwdialconf
    trus abis tu tinggal pake kppp aja di KDE
    gampang kok…

  5. bozz bayuuu…
    kalo di /etc/sysconfig/network …gak ada NETWORKING_IPV6=no tapi adanya NETWORKING=no ..??? apa sama saja..??
    plese mas…?

    bayu:
    ditambahi sendiri bisa mas…

  6. MAS BAYU,
    MAKASIH BANGET ATAS BERBAGAI TIPS-NYA. SAYA UDAH NYOBA BACA-TULIS NTFS, HASILNYA OK. DAN UDAH NYOBA JUGA UNTUK MEMPERCEPAT OPENOFFICE, HASILNYA OK JUGA. MAKASIH BANGET, YA, MAS. NG.. KASIH TIPS YANG LAIN JUGA, YA…

    = ZOELKARIM =

  7. Saya punya trik untuk setting modem hp GSM untuk komputer dengan OS Linux

    untuk IM3
    [Dialer im3]
    Init1 = ATZ
    Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
    Init3 = at +cgdcont = 2, “ip”, “indosatgprs”
    Modem Type = USB Modem
    Baud = 460800
    New PPPD = yes
    Modem = / dev / ttyACM0
    ISDN = 0
    Phone = *99***2#
    Password = “indosat”
    Username = “indosat”

    untukXL
    [Dialer xl]
    Init1 = ATZ
    Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
    Init3 = at +cgdcont = 3, “ip”, “xlgprs”
    Modem Type = USB Modem
    Baud = 460800
    New PPPD = yes
    Modem = / d ev / t tyACM0
    ISDN = 0
    Phone = *99***3#
    Password = “proxl”
    Username = “xlgprs”

    Selamat berinternet ria…

    Semoga bermanfaat.

    Salam dari kami :
    KOMUNITAS PELAJAR ILMU KOMPUTER INDONESIA

  8. terima kasih mas

  9. salam kenal blogger!

  10. trims atas infonya. salam kenal blogger !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: