Untuk Pemula (Newbie)


 

Bagian ini menyuguhkan informasi bagi orang yang baru mengenal Linux, terutama Linux Mandriva. Informasi yang ada disini akan ditambahkan secara periodik.

 

  • Kenapa menggunakan Linux Mandriva ?
  • Apakah Anda ingin menjadi Ahli dalam menggunakan Linux Mandriva ?
  • Bagaimana saya menginstall Linux Mandriva ?
  • Jika saya bisa mendownload Linux Mandriva secara gratis, mengapa harus membelinya ?
  • Apakah RPM itu?
  • Dapatkah saya menggunakan driver dan software Windows dalam Linux Mandriva ?
  • Bagaimana saya bisa berpindah menggunakan Linux Mandriva ?

Kenapa menggunakan Linux Mandriva ?

  • Karena efektif dan murah. Lebih dari 4000 aplikasi disertakan dalam Linux Mandriva, dari software office yang kompatible dengan Microsoft Word dan Excel, sampai game, video dan driver sound, software peer to peer, sebuah firewall dengan 3 langkah mudah, multimedia, download dan peningkatan foto digital, layanan e mail, animasi 3D, dan banyak lainnya.
  • Karena anda akan dilindungi dari serangan virus komputer! Dalam 10 tahun terakhir, hanya sedikit virus jaringan yang menyebar dan menyerang Linux telah dilaporkan, dan sama sekali tidak menyebar melalui Internet. Hal ini tidak memerlukan instalasi perangkat lunak antivirus pada penggunaan Linux di rumah (meskipun, tentu saja, perangkat lunak antivirus disediakan). program virus .exe atau .dat yang jahat pada Windows, tidak berpengaruh terhadap Linux.
  • Karena anda tidak melanggar hukum. Sejujurnya, sistem operasi yang beredar dipasaran dan aplikasi yang menyertainya penggunaannya tidak sesuai hukum. Dengan menggunakan Linux artinya kembali kejalan yang benar.
  • Karena Linux Mandriva dapat mengerjakan hampir semuanya.
  • Karena instalasinya sangatlah mudah (hanya beberapa klik saja).
  • Karena anda dapat menginstall Linux Mandriva dengan menggunakan lebih dari 60 bahasa!
  • Karena Linux menggunakan standar komputerisasi dan Internet. Anda dapat memastikan apa saja file yang dapat di akses dan dibaca lagi beberapa tahun kemudian..

Apakah Anda ingin menjadi Ahli dalam menggunakan Linux Mandriva ?

Tidak, pemula dapat memulai menggunakan ditro Linux Mandriva hanya dengan beberapa klik. Antarmuka grafik Linux sudah lebih daripada cukup seperti yang digunakan sistem operasi lainnya agar dapat digunakan secara nyaman. Konfigurasi sistem tidak merepotkan lagi. Mandriva menyertakan beberapa perangkat grafik agar anda dengan mudah mengkonfigurasi seting sistem dan desktop. Era ketika hanya para ahli yang menggunakan Linux sudah lewat!

Bagaimana saya menginstall Linux Mandriva ?

  • Untuk versi download: file yang harus di download adalah yang menggunakan format ISO (.iso). Versi DVD hanya satu .iso file, sementara itu versi CD ada beberapa. Anda dapat memperolehnya dari Halaman download Linux Mandriva. Setelah anda selesai mendownloadnya, bakarlah. Pilih “burn an image” (bukan data) dengan software pembakar kesukaan anda. Dengan menggunakan Linux Mandriva, hanya dengan klik kanan pada file dan pilih ” burn the image …”. Setelah selesai membakar file tadi, lihat dibawah ini untuk instalasinya.
  • Untuk versi CD dan DVD: masukkan disk 1 dan mulailah proses instalasi. Pada saat anda dihadapkan pilihan antara menginstall Mandriva Linux bersanding dengan sistem yang ada atau hanya menginstall Linux Mandriva.

Jika saya bisa mendownload Linux Mandriva secara gratis, mengapa harus membelinya ?

Versi gratis sudah bisa digunakan tetapi tidak disertai dengan software tambahan yang berguna yang hanya terdapat di versi komersial, seperti:

  • Beberapa aplikasi komersial
  • Driver tambahan, terutama driver video ATI(R) dan NVIDIA(R) agar performa kartu grafis bisa maksimal
  • Plugin yang sering digunakan : Flashplayer(R), Java(TM), Acrobat(R) reader…
  • Terdaftar di Club Mandriva
  • Dukungan dari tim teknikal Mandriva (dukungan melalu telepon atau web tergantung versi yang anda pilih)
  • Meskipun demikian versi komersial Linux Mandriva harus dibeli!

Isi tambahan dalam versi komersial sudah dikonfigurasi secara otomatis.

Apakah RPM itu?

RPM (Red Hat Package Manager) adalah file format yang digunakan Mandriva pada instalasi software. File-file ini disebut juga “paket”. Untuk menginstall software, tinggal mencari dan menginstallnya dengan menggunakan perangkat grafik yang ada di Mandriva (Mandriva Control Center – rpmdrake) atau browse ke web, download file RPM dan dobel klik untuk menginstallnya.

Beberapa file RPM mempunyai ketergantungan satu sama lain. Hal ini disebut ketergantungan(dependencies). Mandriva telah meningkatkan sistem RPM dalam urusan instalasi otomatis ketergantungan paket RPM jika anda menggunakan perangkat yang telah direkomendasikan (rpmdrake or urpmi).

Dapatkah saya menggunakan driver dan software Windows dalam Linux Mandriva ?

  • Linux adalah sistem operasi yang lengkap. Makanya kenapa program yang ditulis buat MS Windows (contohnya: file .exe) tidak bisa dijalankan di Linux, dan program yang ditulis untuk Linux tidak bisa dijalankan pada MS Windows. Bagaimanapun juga jika anda tidak dapat menemukan yang anda butuhkan didalam paket yang telah disediakan Linux, beberapa solusi bisa digunakan untuk menjalankan program MS Windows (misal: Wine, Win4Lin, Crossover Office, Qemu, VMWare, dosbox).
  • Untuk beberapa alasan, driver Windows tidak dapat dijalankan pada Linux (dengan beberapa pengecualian: Wifi, misalnya). Mandriva mendukung secara resmi pemakaian secara luas sejumlah driver tetapi kadangkala, merek baru atau hardware yang tidak biasa dipakai mungkin tidak bisa dikenali dengan benar. Kejadian ini terutama jika perusahaan yang membuat hardware tersebut tidak mau bekerjasama dengan komunitas Open Source untuk membuka kode driver yang tersedia atau tidak disediakannya ijin kepemilikan untuk produk tersebut. Oleh karena itu anda harus membeli hardware yang hanya di dukung oleh Linux.
  • Anda bisa juga menginstal Linux seperti sebuah aplikasi pada Windows jika anda memulai program ‘Lnx4Win’ yang terdapat pada DVD.

Bagaimana saya bisa berpindah menggunakan Linux Mandriva ?

  • anda dapat membeli salah satu versi yang ada (versi download atau box) di Mandriva Store dengan harga hanya 54 euro !
  • Masukkan CD1 atau DVD Linux Mandriva dan mulailah menggunakannya !


37 comments

  1. […] Untuk Pemula (Newbie) […]

  2. Saya baru bisa dual OS yaitu windows Xp sp 2 dan mandriva 2007 spring free edition…tapi berminat ingin migrasi ke mandriva,interface nya gak jauh dengan windows…dan saya sudah gunakan di laptop saya ECS G553i…makasih bayuart…aap.page.tl

  3. mandriva 2007 spring praktis lho…bisa langsung denger mp3..,

  4. Senang Bisa Main Ke WP nya Mas Bayu…???!!!:)

  5. NewBe Muslim Asal Betawi…

  6. mulaaqiyatun_biH · ·

    mase…
    distro paling okey untuk warnet ku apa yaaaa….
    P3566 ram 256(133) (hedeh hedeh, warnet meksoo)
    secara, aku awam buuuuanget ma linux
    kebutuhane : browsing;chatt;tulis menulis;convert gambar2;denger mp3;liat pilm2 mp4,3gp;winrarwinzip;convert lagu,vidio dll;pdf; dll huaa pusing…

  7. mulaaqiyatun_biH · ·

    sekilas info, ubuntu yg dari njenengan hasile pueteng ndedet, opo kumpiku yg minta adek ya?pas buat p4 baru bisa nyala. katanya bisa di kompil vga nya…

  8. Salam kenal…Pas lagi surfing info ttg Linux…Mendarat di pulau yang empuk ini..Thank you Mas…

  9. tHank’s yach atas informasinya
    mas bayu

  10. gimana cara menjalan kan file berextensi .EXE di linux mandriva? mohon bantuannya soalnya saya masih awam tentang mandriva!

  11. baru kenal mandriva beberapa hari yang lalu, tapi ga bisa keluar suara..

    gmana donk?

    skalian sama wi-finya

    info q pke aspire 4720..

    mohon bantuannya ya mas..

    maaf, pake mandriva versi berapa ya kalo boleh tau
    udah coba Mandriva One 2008.8 Live CD ?
    gimana hasilnya ?
    soale saya belom tau list hardware nya

  12. oliveoile · ·

    Lam kenal
    Dimana ya mau download mandriva one 2008?
    saya pake yang mandriva 2008
    Bingung, pake perintah make kok ga dikenal ya

    bayuart:

    silahkan diinstall dulu paket development nya 🙂
    di mandriva One malah gak ada paket tsb, justru di mandriva 2008 free edition ada
    saran : jika mo instal paket aplikasi, silahkan pake bawaan mandriva dulu
    jika gak ada, baru ntar compile sendiri 🙂

  13. Mas, kalo di linux ada ga Codec yg lengkap seperti Klite Mega Codecs di windows itu? Soalnya saya sering susah ‘nyetel’ format2 audio/video macam rm,3gp,mp4. Ada yg mau tampil tapi ga ada suaranya. Kalo pake MPlayer, malah sering gambarnya jalan duluan, suaranya tertinggal he…

    Makasih

  14. mas bay kenape tampilane kurang seger diliat.. hehe…. sory mas hanya komentar ndak usah dimasukinati. mau nanya nih gimana setting internet pake bluetooth dimandriva 2008? saya sudah upgrade dikambing kbtobexclient sudah kedetek HP saya trus dimodem device settingnya /dev/ttyrfcom0 kok modemnya ndak kedetek kaalo pake kabel ok aja (/dev/ttyACM0) makasih masbay suwun sebelume…

  15. Asalamualaikum Wr wb
    Salam kenal semuanya
    “nah ini dia…tinggal praktek -_-! … seep!!!”

  16. hehe…. sibuk ya… ndak mau ngrespon, OK.
    sudah dapet jawabanya setelah tanyak mbah gugle……….. ternyata harus disetting manual dulu “hcid.conf dan rfcomm.conf” nya lewat consol terima kasih ya atas kesibukanya.

    BRAVO MANDRIVA……..

  17. eddi rismanto · ·

    lam knal dr aku
    ku mau tanya kanapa linux ko murah dibanding dengan windows, padahaldalam hal operasi jauh lebih baik dari windows, baik banget sih yang buat sistem operasi linux. trus dalam linux kanapa virus ga bisa aktiv?

  18. mas gmana cara nginstal dual boot,widows ma linux di 1 hard disk??maap newbie neh..regrads

  19. aku mau tanya nih perbedaan antara XFCE dan KDE ?
    saya punya linux MCNLive turunannya mandriva dan saya sudah menginstal wine tapi terkadang erro?kenapa ya makasih

  20. Waaahhh..salut sm mas bayu..thx berat buat dukungannya kepada para newbie..!!

  21. awalnya saya googling dengan keyword “bluetooth modem on mcnlive” tp kok malah mendaratnya disini yah…
    he.he.. ga pa pa.. ternyata saya mendarat dipulau mandriva yg indah punya orang kita pribumi.
    o, ya.. saya jg pengguna mandriva 2008.1 spring. satu hal yg sangat2 saya kagumi pd mandriva adalah dgn menggunakan live cd installer aja mudah banget utk konek ke internet via bluetooth dan gprs modem pd ponsel. cukup dgn beberapa klik, tanpa hrs ke terminal.. huiihh langsung konek!

  22. baru berumur satu hari saya memakai mandriva, kesan pertama begitu menggoda….. mohon bimbingannya

  23. Linux Mandriva, sulit login ketika diubah menjadi otomatis?
    Sudah menyeting linux mandriva menjadi login otomatis, mengapa malah ga bisa login, kenapa ya? Mohon tanggapan dari saudara sekalian, karena pada saat menginstall linux mandriva selalu menggunakan password dan sekarang siubah menjadi otomatis mengapa menjadi ga bisa login? Terima kasih sebelumnya

  24. lanymeeladh · ·

    uuummhhhhhhh….
    salam kenal mas….
    aku dipaksa harus bisa mandriva… mendarat disini berasa dapat nefas lagih untuk meneruskaan…
    makasih mas:-)

  25. Baca dulu ah, panjang banget artikelnya

  26. hensipjaya · ·

    wah boleh nih tanya2, aku baru 1bulanan pake mandriva, udah punya seabreg pertanyaan, mudah2an bisa terjawab disini.

  27. hensipjaya · ·

    pertama kali yang aku coba setelah instal mandriva 2009.1 free adalah mencoba file2 film n lagu. yg mau kutanyain adl. kok gak bisa setel pilm dgn format DAT ya? gimana caranya?

    bayu :

    begini mas, di mandriva ada beberapa pilihan
    lebih komplitnya isa di liat disini : http://www2.mandriva.com/downloads/

    dimana di edisi free, codec gak di sertakan langsung ke cd/dvd installer nya
    mas harus pasang sendiri, isa melalui repository di internet or cd/dvd repository tambahan.

    jadi, kalo mas udah punya salah satu dari repo tersesbut, or isa donlod satu2, mas tinggal pasang aja.

    misal untuk codec win32 buat muter lagu or film isa di donwload manual di link ini

    http://kambing.ui.ac.id/pclinuxos/apt/pclinuxos/2007/RPMS.nonfree/win32-codecs-all-1.10-3pclos2009.i586.rpm

    setelah di donlod, install pake perintah urpmi nama_paket, or tinggal klik 2x aja

    untuk muter video dengan .dat, biasae saya suka pake mplayer or xine, caranya :

    bukan aplikasi, misal mplayer, trus open file nya…
    or
    klik file .dat, tru pilih open with, pilih mplayer

  28. hensipjaya · ·

    WOKE, saya baru coba donlod nih codecnya.
    pertanyaan lagi nih :1. pada saat instal mandriva 2009.1 free kok gak ada pilihan copy whole cd/dvd ya? jadinya sekarang untuk tiap instal selalu diminta cd/dvdnya.ada solusinya gak? kalo di windows si aku pake virtual cd/dvd.

    2. aku pernah beli cd judulnya PLF REPO, apa ini yg dimaksud repository? isinya si ada banyak file rpm, tapi gimana taunya buat apa aja ya?

    bayu :
    1. bapak kurang teliti… ada kok pilihan copy whole CD/DVD nya…
    2. PLF repo juga merupakan CD/DVD repository dan isa di tambahkan ke sytem yang sudah ada. silahkan gunakan menu MCC trus masuk ke Software Management trus pilih Configures Media Source …
    ikuti saja langkah2 nya…

  29. […] Disadur dari blog mas Bayu Artanto […]

  30. 1. waduh kurang teliti yak… 😀 saya udah coba 3x sama aja tuh tetep gak ada copy whole CD/DVDnya. trus ada solusinya gak mas kalo udah terlanjur keinstal gini. ada gak solusi semacam gini misalnya (kalo ada):
    isi cd/dvd saya copy ke folder tertentu, trus nanti kalo mau tambahin instalan si mandriva gak cari cd lagi melainkan cari ke folder kopian tadi. ato ada gak software semacam clone cd di windows

    2.tanya lagi nih (gapapa khan 😀 )apa ya nama software di mandriva untuk membuat cd/dvd jadi file iso?

    trims

    bayu :
    1. ada kok.. di bagian paling bawah.. harus geser kebawah.. kalo gk gitu gk kliatan
    aq pas upgrade ke mandriva 2009.1, pake metode copy whole cd kok

    nah klo mo cara manual bisa, begini : (misal)

    copy dir i586 (baik main dan contrib) dari dvd ke /repo
    setelah tercopy semua ke dir /repo, tinggal masuk ke Install & Remove Software
    trus pilih media, trus tambahkan aja repo nya, lebih baik begini :
    Software Management > Options > Media Manager > trus tekan Control+A << ini mode grafik

    kalo mo mode teks lebih simple, pake root trus jalanin perintah ini : (misal)

    urpmi.addmedia lokal_main file://repo/main
    urpmi.addmedia lokal_contrib file://repo/contrib

    tinggal menyesuaikan aja.

    2. bukan k3b or tool burning lainnya isa buat bikin .ISO file mas ?
    maksute gimana ?
    copy disc to .iso ?
    or gimana ?
    maap ni gak terlalu paham

  31. Mas, Bayu,

    Mo nanya, Gyache bisa ga buat voice chat ama Yahoo Messenger dan gimana biar di userlist muncul nama Nickname bukan username .

    Adi

  32. hensipjaya · ·

    wah enak nih belajar linux di blog ini 😀

    untuk sharing aja untuk yang masih newbi kaya aku, untuk mempelajari perintah Command Line Interface (CLI/konsole/terminal) bisa donlod di sini http://www.gnu.org/software/coreutils/manual/coreutils.pdf, soalnya kalo bener2 baru kaya aku pasti gak ngerti gmn caranya copy file/folder via CLI, jadi kudu baca dulu manualnya, pengetahuan command DOS juga sedikit membantu dalam hal ini (ada kemiripan)

    hehehe… ternyata bisa bikin iso ya pake k3b, maap aku belum pernah buka k3b, kukira cuma buat bakar aja. hihihi…jadi malu neh, keliatan begonya… 😀
    soalnya kalo di windows aku biasa pake nero 6ato7 dan image filenya bentuk NRG

    PERTANYAAN LAIN nih mas… (maap nih banyanyak tanya… 😀 )
    1. pada saat proses copy dari cd ke /repo tadi hardisku dinyatakan penuh. emang sih untuk mandriva partisinya cuma aku kasi 6GB. apakah mempengaruhi kinerja kalo reponya ku taro di partisi lain yang gak jadi satu t4 sama root?

    2. aku ada kerjaan instal mandriva di netbuk, jadi aku butuh supaya flasdisku bisa instal mandriva. tapi kok beberapa tutorial yg kudapet dari gugel gak ada yg berhasil ya. aku udah pake unetbotin dan mandriva-seed ga ada yg berhasil tu. padahal tutorialnya dah pake bhs indonesia n aku ngikuti sesuai petunjuk dokternya. ada saran?

    3.file managerku namanya dolphin, gimana caranya buka dolphin dengan hak akses sebagai root, soalnya tadi waktu mau hapus direktori beserta isinya agak kesusahan kalo pake konsol.

  33. klo mandriva cocok buat anote centurion C-3292 gak yah?

  34. Mas, kalo download software buat Mandriva sendiri di ana ya? Masalahnya di rumah saya ga da koneksi internet.

  35. lebih baik langsung beli dvd repo nya aja mas…
    gk perlu donlod 😀

    coba cek di sini http://tusnet.us/software/dvd
    ato ke http://juragan.kambing.ui.ac.id/

  36. @dari seorang pemula yang ingin blajar byk tentang mandriva: maksih atas tulisannya y mas, tp saya juga mw minta tolong bgt nih sm mas, untuk menyertakan penjelasan langkah2 pengoperasian mandriva dan aplikasi nya…, thanks y mas…!

  37. Thanks infonya…
    visit my blog ya…

Leave a comment